Tips Agar Handphone Tidak Meledak Ketika Di-charge

ilustrasi
Beberapa waktu lalu banyak pemberitaan mengenai masalah pada handphone high end sekelas Iphone 4, Samsung S III, dan lainnya yang meledak atau terbakar secara tiba-tiba. Hal ini berdampak pada si pengguna yang mengalami cedera akibat masalah tersebut. Dari kasus itu, ditemui bahwa penyebabnya adalah karena adanya penggunaan charger “oplosan” atau tidak asli.

Lalu, apakah benar hanya karena  masalah pada charger atau ada hal lainnya? Secara tidak langsung pengaruh dari baterai adalah paling besar sehingga menyebabkan terjadinya handphone dapat meledak atau terbakar. Baterai menjadi sumber daya utama dari sebuah handphone baik yang berteknologi tinggi ataupun kelas dibawahnya. Untuk itu, perlu perhatian sedetail mungkin pada baterai handphone Anda.

Oleh karena itu, berikut ini akan dijelaskan tips untuk menghindari terjadinya ledakan atau terbakar pada handphone kesayangan Anda.

Jangan menggunakan charger “oplosan”

Charger “oplosan” memiliki tipe voltase lebih tinggi, yakni (>4,2V/cell). Memang, mengisi daya baterai terasa lebih cepat, namun resikonya berbahaya dapat merusak baterai dan berpotensi terjadi ledakan. Sebagai contoh, smartphone dengan charger bawaan 1A di-charge dengan charger bawaan tablet 2A.

Lepaskan case pelindung handphone

Jika Anda termasuk yang senang dengan menggunakan case, maka upayakan agar Anda melepas case pelindung handphone saat akan mengisi daya baterai. Terutama handphone yang menggunakan case dengan bahan dari material tertentu yang dapat menyerap panas lebih cepat sehingga menyebabkan suhu baterai berlebihan. Hal ini dapat mengakibatkan handphone Anda mudah meledak atau terbakar.

Jauhkan handphone dari bahan yang mudah terbakar

Meski peristiwa ledakan tidak dikehendaki oleh siapapun, tetapi langkah antisipatif perlu Anda lakukan ketika mengisi daya baterai. Caranya dengan menjauhkan ponsel dari jangkauan tubuh Anda, termasuk menjauhkan handphone dari bahan-bahan yang mudah terbakar. Seperti contohnya jauhkan handphone dengan korek api atau gas pada saat sedang melakukan pengisian daya. Hal ini sebagai langkah pencegahan sehingga Anda selamat dari ledakan yang bisa mengakibatkan kebakaran hebat.

Yang harus dilakukan

Ketika Anda akan mulai mengisi daya baterai, jangan lupa untuk mematikan handphone/shutdown terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai upaya dini mencegah terjadinya ledakan, karena dikhawatirkan Anda lupa atau terlelap tidur dan membiarkan handphone charging terlalu lama.


Itulah beberapa tips yang dapat membantu Anda, semoga bermanfaat!!
(AM/Camp-J)

0 comments: