5W+1H, Rumus Penulisan Standar Jurnalistik

Bagi Anda yang ingin mencoba menulis berita, terlebih dahulu harus mengetahui rumus penulisan  5W+1H yang umum digunakan untuk penulisan di media cetak maupun online. Yah, rumus ini merupakan 6 rangkaian pertanyaan yang terdiri dari, What, Where, When, Why,Who, dan How.

Nah, sebelum Anda mulai menulis berita, rumus ini juga dapat menjadi patokan dalam melakukan peliputan agar muatan beritanya lengkap. Jika salah-satu pertanyaan tersebut tidak digunakan, maka berita yang Anda sajikan dapat dinyatakan tidak lengkap. Tentunya, hal itu dapat menyebabkan berita yang Anda buat tidak diterbitkan oleh pihak redaksi media. 

Lalu, bagaimana cara mengaplikasikan pertanyaan tersebut dalam sebuah liputan berita? Agar Anda tidak bingung, coba simak contoh berita ini:

Rumah Kontrakan Terbakar
JAKARTA (Pos Kota)- Kebakaran masih saja terus terjadi di Jakarta. Setelah kemarin di Teluk Gong, Jakarta Utara giliran Rabu dinihari tadi rumah kontrakan dilalap si jago merah di Kayumanis, Matraman, Jakarta Timur .
Rumah kontrakan milik Hasan (51), yang terletak di RT 02/01 Kayumanis itu diduga terbakar pukul 04.00 Wib, (11/1/2012), karena korsleting listrik. Kebetulan saat kejadian rumah yang dikontrak pedagang jamu itu dalam keadaan kosong. Pasalnya yang bersangkutan sedang mudik.
Api berhasil dipadamkan oleh petugas yang mengerahkan 10 unit mobil pemadam kebakaran satu jam kemudian. Tidak ada korban jiwa, hanya kerugian ditaksir puluhan juta rupiah. Kasusnya ditangani Polsek Makassar. ( edi)

Sekarang, mari kita lihat apakah contoh berita diatas memenuhi rumus penulisan 5W+1H atau belum.

What? (apa)
Dalam kasus ini, what menunjukan peristiwa yang sedang terjadi yakni kebakaran rumah.

Where? (dimana)
Peristiwa kebakaran itu terjadi di rumah kontrakan di Kayumanis, Matraman, Jakarta Timur.

When? (kapan)
When, menunjukan waktu kejadian. Dalam peristiwa diatas, kebakaran terjadi  pukul 04.00 Wib dini hari, (11/1/2013)

Why? (mengapa)
Mengapa peristiwa itu terjadi? Dalam kasus kebakaran ini penyebabnya diduga karena korsleting listrik.

Who? (siapa)
Who, menunjukan korban yang rumahnya terbakar, dalam hal ini Hasan (51), atau pertanyaan ini juga bisa ditujukan kepada siapa saja saksi yang melihat kejadian itu, siapa kepala pemadam kebakaran yang menjinakan api dan siapa kepala polisi yang menyelidiki kasus tersebut.

How? (bagaimana)
Bagaimana peristiwa itu terjadi? Pertanyaan ini bisa dijawab dengan menceritakan kronologis kejadian, dalam kasus ini kebakaran terjadi ketika ditinggal penghuninya mudik ke kampung halaman.

Demikian cara mengaplikasikan rumus 5W+1H. Gampang bukan? Sekarang Anda bisa mencobanya untuk berbagai macam berita seperti politik, hukum, kriminal, ekonomi, hiburan, dll.



Selamat mencoba, semoga bermanfaat!  

0 comments: